Resep-resep Pestisida Organik Nabati oleh Kardinan

Agus Kardinan, merupakan salah satu sosok pelaku di bidang pertanian organik Indonesia yang memiliki kontribusi terbesar untuk saya menjadi bisa mempelajari dan menguasai cara membuat pestisida organik nabati secara otodidak.

Dari sekian banyak hasil karyanya (buku & karya ilmiah), hanya satu buku yang saya miliki, yaitu : Pestisida Nabati : Ramuan & Aplikasi. Dalam buku yang hanya setebal 80 halaman itu, berisi pengetahuan dasar tentang beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan membuat bahan pestisida. Penjabaran materi yang tertera dalam buku secara keseluruhan, bisa dibilang relatif sangat singkat. Tapi memiliki porsi yang sangat mendasar mengenai inti pestisida tanaman dengan hama yang dapat ditanggulangi.

Buku tersebut, kelihatannya saat ini, sudah tidak dicetak lagi oleh penerbit Penebar Swadaya. Saya sudah mencarinya di internet dan hanya ada dimiliki untuk dipinjamkan oleh sebuah perpustakaan yang berlokasi di Jogja. 

Ada beberapa pengunjung blog ini yang menanyakan tentang penanggulangan hama sebagaimana resep ramuan pestisida yang ada di buku tersebut. Sayangnya, saya belum pernah mengalami dan bereksperimen perihal sesuai dengan yang mereka tanyakan. Saya berinisiatif untuk menyajikannya, sebagaimana terlihat pada daftar di bawah, dengan men-“jiplak” dari buku tersebut tanpa seijin dari pemegang hak cipta.

Jadi, ada kemungkinan suatu hari nanti, kumpulan daftar resep ini saya “hapus” jika ada permintaan dari pemegang hak cipta.

Inilah daftar resepnya, klik untuk melihat detail dari resep :

Saya tekankan kembali, daftar resep ramuan di atas adalah hasil men-“jiplak”. Saya tidak pernah mencoba ataupun bereksperimen mengatasi hama sesuai dengan keadaan yang dimaksud pada judul di setiap resep. Tidak ada jaminan setiap resep ramuan itu berhasil untuk diterapkan, tapi bisa dijadikan acuan jika kita hendak mengembangkannya. Sama seperti yang saya kerjakan dalam membuat resep ramuan pestisida organik nabati berbahan dasar bawang putih dan daun mimba yang telah tersaji sebelumnya di blog ini.

Semoga bermanfaat! ☺

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s