Bahan Organik

Pembahasan bahan-bahan organik pada beberapa artikel di situs ini, seperti bawang putih dan daun mimba, merupakan satu / beberapa dari sekian bahan organik untuk dijadikan bahan baku dasar membuat pupuk atau pestisida secara swadaya. Di antara bahan-bahan organik tersebut, setelah dicoba dan digunakan, telah menjadi salah satu faktor utama pendukung kebutuhan pupuk atau pestisida dalam aktivitas perawatan tanaman di rumah dengan efek terbaik (tepat sasaran serta tidak terlalu mencederai tanaman) yang berhasil saya dapatkan hingga sekarang.

Ini bukan berarti bahan organik lain, yang belum pernah dicoba, tidak dapat menghasilkan efek terbaik untuk diterapkan dalam perawatan tanaman. Cara pengolahan dan bahan dasar untuk menghasilkan produk pupuk atau pestisida, merupakan faktor penentu keberhasilan dari produk yang hendak dihasilkan. Cara-cara pengolahan membuat produk pupuk atau pestisida yang saya sampaikan dalam beberapa artikel disini adalah cara pengolahan dengan tehnik sangat sederhana. Sedikit usaha dan biaya dengan hasil yang semaksimal mungkin (ciri-ciri orang malas….LOL). Tidak banyak bahan organik mentah / dasar dapat diakomodasikan sebagai bahan baku pembuatan pupuk atau pestisida dengan cara pengolahan sederhana seperti telah disampaikan di beberapa artikel dalam situs ini. Jadi, masih terdapat kemungkinan untuk mencoba cara baru dengan bahan organik berbeda agar bisa diperoleh hasil / produk pupuk atau pestisida yang, secara kualitas, jauh lebih baik dari artikel-artikel di situs ini.

Pembahasan mengenai beberapa bahan organik dalam beberapa artikel disini merupakan bahan-bahan yang telah saya terapkan dan yakini dapat digunakan sebagaimana fungsinya untuk membantu aktivitas berkebun sehari-hari.

Tidak menutup kemungkinan pada waktu mendatang, saya berharap, dapat menemukan cara pembuatan dengan bahan organik yang berbeda dapat menghasilkan produk lebih bermutu, baik untuk pupuk maupun pestisida.

Untuk saat ini, hanya beberapa artikel inilah yang dapat saya publikasikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s