Faktor Pendukung Rumah Teduh

Fungsi rumah teduh…

Pengertian rumah teduh disini adalah tempat yang dinaungi dengan paranet untuk melindungi tanaman di bawahnya dari terpaan cuaca langsung, seperti angin kencang, curah hujan dan (terutama) sinar matahari. Saya tidak tahu perbedaan fungsi secara spesifik dengan rumah kaca. Dari yang selama ini saya temukan, rumah teduh lebih banyak didirikan di kawasan beriklim dua musim dalam setahun. Sedangkan untuk rumah kaca, lebih ditujukan keberadaannya di kawasan beriklim musim dalam setahun.

Membangun sendiri rumah teduh di area tempat tinggal tidaklah terlalu rumit, dan akan menjadi lebih mudah jika kita memiliki sedikit keahlian menggunakan alat-alat pertukangan dan sedikit keahlian mengenai dasar simpul tali-temali.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah paranet, jala berbahan tambang plastik, sedikit kawat ikat dan beberapa batang besi siku berlubang.

Seandainya ketiga bahan tersebut sudah tersedia, anda (jika dibutuhkan) hanya perlu mengupah seorang tukang untuk mendirikan rangka penyangga, kemudian tinggal mengaitkan jala dan paranet, dimana waktu pengerjaannya paling lama 1-2 hari.

Pada artikel ini saya tidak akan membahas mengenai detail pembuatan rumah teduh karena hal tersebut sangat ditentukan oleh kondisi dan lokasi rumah sebagai bangunan utama. Disini, saya akan menceritakan faktor pendukung rumah teduh yang patut diperhatikan keberadaannya di lokasi kebanyakan rumah tinggal.

Lokasi pemukiman pada umumnya, lebih ditujukan fungsinya untuk memenuhi kenyamanan akan kebutuhan tempat tinggal bagi manusia. Tidaklah mengherankan jika kondisi lingkungan sekitarnya cenderung mengikuti bentuk seperti yang diinginkan manusia. Dalam hal ini, aturan main yang berlaku adalah aturan main berdasarkan kesepakatan bersama para pemukim di kawasan tersebut. Jadi, wajar jika di lokasi pemukiman tempat tinggal jarang ditemukan faktor pendukung ideal bagi tempat tumbuh-kembang tanaman. Ini adalah salah satu faktor dari fungsi rumah teduh, membuat kondisi yang cukup ideal bagi proses tumbuh-kembang tanaman di wilayah/lokasi pemukiman.

Mendirikan rumah teduh di halaman depan / belakang rumah, biasanya, bersifat menyatu dengan bangunan rumah utama. Sehingga dua titik sudut paranet cenderung menempel dengan bangunan utama dan dua titik lainnya pada dua tiang yang dipasang di halaman rumah. Tidak menjadi masalah berapa luas area yang hendak ditutup oleh paranet, namun ada beberapa faktor pendukung penting agar diperoleh hasil sebagaimana diharapkan.

  1. Letak area yang terkena sinar matahari.
  2. Sirkulasi udara.
  3. Topi rumah teduh.

Ketiga faktor tersebut merupakan kebutuhan dasar jika hendak mendirikan rumah teduh berlokasi di rumah tinggal. Walaupun tidak mutlak, ketiga faktor tersebut akan membantu mempermudah aktivitas perawatan tanaman, dimana perhatian lebih dapat difokuskan pada penyempurnaan proses / tindakan perawatan tumbuh-kembang tanaman.

Perlu diketahui untuk tidak menyamakan kondisi dengan rumah teduh di nursery dan tempat penangkaran tanaman, karena secara lokasi mereka berada cenderung jauh dari pemukiman penduduk.

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s