Memelihara Hama Tanaman???

halaman 1 dari 3

Judul artikel di atas terasa mengada-ada, tapi memang begitulah yang sering terjadi secara tidak sengaja. Ada satu keterkaitan yang cukup erat hubungannya antara ketersediaan unsur hara dengan hama tanaman.

Jika kita menggunakan bahan organik untuk dijadikan pupuk tanaman, berarti kita memutuskan untuk mengundang hewan pengurai (seperti : mikro organisme) turut ambil bagian dalam proses tumbuh-kembang tanaman yang kita pelihara / rawat. Keberadaan para hewan pengurai bahan organik ini, menarik minat hewan-hewan kecil lainnya berkumpul di tempat yang sama. Termasuk hama tanaman dan hewan predator (pemangsa) – nya.

Sejauh mana cara penerapan perawatan tanaman menggunakan bahan organik yang bisa disebut relatif aman dari keberadaan hama tanaman?


Perawatan tanaman Organik…

Gambaran yang terbayang di pikiran kita saat mendengar / membaca kalimat “perawatan tanaman secara organik”, adalah perawatan tanaman yang ramah lingkungan. Dimana pengertian “ramah lingkungan” ini bisa diartikan sebagai lebih mengutamakan pemakaian bahan-bahan pendukung yang sifatnya ber-efek positif (tidak merusak) terhadap lingkungan selama melakukan perawatan tanaman. Harapannya, lingkungan di sekitar tempat tindak perawatan tanaman dilakukan bisa tetap bertahan seperti sedia kala. Tidak tercemar residu bahan kimia sebagaimana yang biasa dihasilkan jika menggunakan bahan-bahan (pupuk & pestisida) sintesis.

Penggunaan metode perawatan tanaman secara organik pada dasarnya adalah memberdayakan kemampuan atau kandungan bahan organik tertentu untuk dapat memenuhi kebutuhan atau mengatasi masalah pada tanaman. Mungkin, pendefinisian tersebut tidak sepenuhnya benar. Tapi, menurut saya, memang demikianlah adanya. Entah itu, pada akhirnya, peran dari mikro organisme atau bahan yang digunakan atau hal lain, sehingga menjadikannya organik. Saya tidak memahaminya secara jelas. Saat ini, yang saya ketahui adalah kandungan bahan organik inilah, sering kali, secara tidak langsung, mengundang hama-hama berdatangan.


Teori Perawatan Organik dengan Hama Tanaman…

Kondisi seperti apa yang sebenarnya membuat hama berdatangan memangsa tanaman?

Jika kita perhatikan, ada satu kesamaan kondisi dari beberapa jenis tanaman berbeda yang menjadikan hama tertarik untuk mendatanginya, yaitu kondisi tanaman yang sehat. Tidak dibutuhkan seorang profesor untuk menyatakan tanaman yang tumbuh sehat lebih enak rasanya dibandingkan tanaman yang tumbuh sengsara. Hama-hama pun memiliki pendapat yang sama tentang hal itu.

Alasan mengapa tanaman bisa tumbuh dengan sehat adalah karena faktor pendukung proses tumbuh-kembang tanaman terpelihara dan terjaga kondisinya dengan baik. Salah satunya adalah kecukupan ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara itu berasal dari pupuk yang kita berikan secara berkala.

Kandungan mineral & protein dalam pupuk organik  (padat / cair), juga memiliki kesamaan dengan yang ada pada tanaman. Karena, kandungan mineral & protein tersebut diperoleh dengan cara mengekstrak-nya dari bahan organik (nabati dan hewani). Hal serupa juga dilakukan oleh hama tanaman untuk mereka dapat bertahan hidup, yaitu mengkonsumsi protein dan mineral melalui bagian-bagian tanaman (seperti daun dan akar).

Dengan kata lain, kandungan mineral dan protein dalam pupuk organik yang telah kita aplikasi-kan untuk tanaman, selain di konsumsi oleh tanaman itu sendiri, juga di konsumsi oleh hama tanaman yang beredar disekitar area tempat tanaman itu tumbuh. Sehingga, dapat dikatakan bahwa salah satu faktor penyebab yang menarik perhatian hama terhadap tanaman adalah pupuk (?).

Benarkah penggunaan pupuk organik juga memiliki peran terhadap keberadaan hama tanaman?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s