Mensterilkan Media Tanam

halaman 3 dari 3

Pengaplikasian pupuk organik padat setelah sterilisasi…

Setelah memastikan tindakan sterilisasi media tanam itu tidak membawa efek negatif apa pun pada tanaman, saya pun membuat kerangka rutinitas mengaplikasikan kedelai tumbuk / giling selang 1 bulan sejak sterilisasi media tanam dikerjakan.

Walau pun (seandainya) ramuan pestisida organik ini memiliki peran tambahan sebagai pupuk cair, efek mematikan mikro organisme di media tanam adalah hal yang mungkin terjadi. Logikanya, kemampuan ramuan dalam membunuh hama secara umum, sudah pasti akan membawa pengaruh yang sama terhadap mikro organisme selain hama yang hidup di media tanam. Sejauh mana efek yang ditimbulkan, saya tidak tahu persis. Menurut saya, tidak ada salahnya tindakan pengaplikasian kedelai tumbuk / giling dilakukan 1 bulan setelah sterilisasi.

Selain berfungsi meningkatkan / menormalkan kembali aktivitas mikro-organisme dalam media tanam, setidaknya, tindakan pengaplikasian pupuk organik padat dapat menjaga pertumbuhan tanaman tetap stabil.

Tindakan sterilisasi secara rutin…

Populasi hama dapat berkembang kapan saja dan seringkali berlangsung tanpa didahului dengan tanda-tanda perubahan pada fisik tanaman. Walau pun pengaplikasian ramuan pestisida bawang putih / daun mimba telah dilakukan secara rutin sebagai tindakan pencegahan, kita tidak pernah tahu apa yang sedang dan telah terjadi di bawah permukaan media tanam.

Tindakan penggemburan media tanam secara berkala merupakan salah satu cara kontrol yang baik untuk mengetahui garis besar kondisi media tanam dalam pot, dimana salah satunya adalah mengetahui tingkat populasi hama yang beredar. Mungkin, ramuan pestisida organik daun mimba dapat menjadi satu alternatif baru yang lebih baik untuk mempermudah tindakan perawatan media tanam dalam mengendalikan / mengatasi peredaran hama di dalamnya.

Satu perbedaan yang cukup berarti dalam mengendalikan peredaran hama media tanam dengan menggunakan cara ini adalah waktu pengerjaan yang relatif singkat dan tidak ada media tanam yang terbuang percuma. Setidaknya, tingkat ke-repot-an dan biaya yang harus dikeluarkan bisa di minimalisir, tanpa mengurangi kualitas hasil yang diperoleh.

Semoga bermanfaat! ☺

Iklan

5 tanggapan untuk “Mensterilkan Media Tanam”

  1. Mensterilkan media tanam dilakukan dengan memanaskan media tanam, biasanya media yang perlu disterilkan adalah media jamur, alat untuk mensterilkan namanya autoclave.

    1. Suhu panas air tidak pernah saya ukur. Patokannya, begitu air sudah benar-benar mendidih, media dimasukkan dan direndam paling lama 1 menit dengan kondisi api menyala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Alternatif Cara Memelihara & Merawat Tanaman di Rumah

Iklan
%d blogger menyukai ini: