Nutrisi untuk Tanaman

Dalam dunia ilmu tanaman dikenal dua istilah, yaitu Macronutrient (Nutrisi Makro) dan Micronutrient (Nutrisi Mikro). Detail penjelasan mengenai arti, fungsi dan kegunaan dari apa yang dimaksud dari kedua istilah tersebut dapat ditemukan di banyak situs yang beredar di internet.

Dari beberapa situs tersebut, saya menemukan artikel (secara pribadi, cocok untuk diterapkan) yang menerangkan garis besar mengenai perilaku dan efek unsur hara yang tercakup di dalam kedua istilah tersebut terhadap proses tumbuh-kembang tanaman dari situs The University of Arizona (Macronutrient Outline & Micronutrient Outline).

Saya mendapatkan cukup banyak keterangan yang disampaikan dalam artikel tersebut memiliki kemiripan dengan situasi yang saya hadapi saat melakukan eksperimen tentang nutrisi tanaman. Selain itu, banyak informasi penting dan berguna lainnya yang dapat dijadikan rujukan dalam menganalisa perubahan yang terjadi pada tanaman selama masa perawatan, terutama saat menerapkan dosis pupuk.

Informasi-informasi tersebut juga bisa digunakan sebagai acuan saat hendak membuat ramuan pupuk ber-bahan nabati maupun biota air.

Namun demikian, saya melihat dan menemukan kendala atas kurangnya dukungan informasi mengenai kandungan mineral dan protein yang terdapat pada bahan organik (nabati / hewani) yang banyak tumbuh dan hidup di Indonesia.

Beberapa informasi mengenai kandungan nutrisi bahan nabati yang umum dan banyak beredar dalam keseharian (mis. bumbu dapur), dapat diperoleh melalui Wikipedia. Namun, hanya terbatas untuk jenis tanaman / bahan organik tertentu dan mayoritas merupakan tanaman / bahan organik yang biasa di konsumsi oleh manusia. Dan itu pun terbatas. Hanya beberapa bahan organik saja yang memenuhi syarat untuk bisa dijadikan pupuk.

Mungkin ada sumber-sumber dari dalam negeri yang memiliki informasi tersebut, hanya saja saya belum dapat menemukannya.

Di bawah ini adalah link dari terjemahan artikel Macronutrient Outline dan Micronutrient Outline yang telah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia :

Mohon maaf seandainya terjadi kesalahan dan kekurangan atas hasil terjemahan dari artikel yang asli.

Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s