Paranet dan Conblock

Bagaimana membuat satu keadaan lingkungan ideal untuk tanaman yang tumbuh di kebun halaman rumah kita?

Pengertian dari “keadaan ideal” sering diartikan sebagai satu bentuk keadaan lingkungan sesuai kebutuhan tanaman.

Bagi saya pribadi, pengertian dari “keadaan ideal” cenderung pada pengertian “nyaman” saat melakukan aktivitas perawatan tanaman. Keadaan dimana ruang / area kebun tertata sedemikian rupa agar leluasa bergerak saat penyiraman dan mudah menjangkau tanaman yang memerlukan perawatan. Mengapa?

Sebagai pihak yang bertanggung jawab penuh atas perawatan dan ketersediaan kebutuhan tanaman, sudah tentu kita memerlukan keleluasaan dan kenyamanan untuk dapat beraktivitas secara maksimal. Jika keadaan itu tidak / kurang terpenuhi, setidaknya, akan berpengaruh terhadap kualitas selama pengerjaan perawatan. Sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi proses tumbuh-kembang tanaman juga. Namun demikian, tidak berarti faktor lingkungan yang dibutuhkan tanaman dapat diabaikan. Jadi, sebelum memutuskan membangun kondisi ideal tanaman, ada baiknya terlebih dulu menentukan lokasi yang memadai untuk melakukan aktivitas perawatan tanaman setiap harinya, seperti penyiraman dan pengawasan kondisi tanaman. Hal ini penting mendapat perhatian utama, karena selain menghindari bentrokan dengan aktivitas-aktivitas lain yang sudah terlebih dulu ada, kondisi tanaman dapat langsung terawasi setiap harinya secara mudah.

Ada dua hal, menurut saya, penting diusahakan keberadaannya di lokasi tempat tanaman diletakkan. Khususnya pada kondisi ruang terbuka seperti di halaman rumah, yaitu :

  1. paranet
  2. permukaan lahan yang cenderung rata.

Paranet…

Paranet dan Jala Tambang Plastik

Paranet dan Jala Tambang Plastik

Dengan atau tanpa paranet, akan membuat perbedaan sangat berarti pada keadaan lingkungan tumbuh-kembang tanaman. Kita tidak akan mendapatkan keadaan teduh di halaman rumah yang terletak di tengah pemukiman padat. Seandainya di halaman rumah sudah tertanam pohon rindang, tidak akan menghasilkan keadaan sebagaimana layaknya paranet yang terpasang di atas halaman rumah. Kebutuhan kecukupan sinar matahari bagi tanaman, tanpa menghanguskan bilah daun, yang dapat dihasilkan oleh paranet merupakan alasan utamanya. Inilah yang menyebabkan mengapa paranet banyak digunakan oleh para nursery dan rental tanaman untuk menaungi tanaman mereka. Terpasangnya paranet dengan tingkat kerapatan 65 – 70% di halaman rumah, dapat menghindari hingga 50% masalah yang biasa terjadi pada tanaman di bawah naungannya. Berjalannya lama waktu proses fotosintesis sesuai sebagaimana dibutuhkan, akan berefek pada kemampuan daya tahan tanaman menghadapi perubahan iklim dan serangan hama, disamping fungsi paranet itu sendiri sebagai media / alat yang mampu meminimalisir perubahan cuaca ekstrim dengan baik. Membentuk keadaan lingkungan seperti itu akan mempengaruhi tanaman untuk dapat mengurangi efek negatif terhadap stabilitas pertumbuhannya.

Permukaan yang cenderung rata…

Tanaman di bawah naungan paranet

Tanaman di bawah naungan paranet dengan permukaan conblock

Permukaan lahan yang cenderung rata akan menghindari pada ketidakseimbangan posisi peletakan pot. Jika kita mencoba menyamakan suburnya pertumbuhan tanaman di permukaan tanah miring di lereng gunung, tidak demikian halnya dengan pertumbuhan tanaman dalam pot yang posisinya sengaja dimiringkan. Pergerakan air turun di lereng gunung akan terus mengalir hingga permukaan terendah di kaki gunung dan berkumpul di satu titik/lokasi yang dikenal dengan sebutan mata air. Sedangkan, air yang masuk ke dalam pot miring akan tertahan sesaat di satu titik di dasar pot sebelum terbuang sepenuhnya, dan ini menyebabkan keadaan media tanam di titik tersebut dan sekitarnya menjadi lebih basah sehingga cenderung menimbulkan kondisi awal dari proses fermentasi. Walaupun semua itu masih dapat diatasi dengan keberadaan lubang drainase, lebih baik untuk menghindarinya jika memungkinkan.

Memasang paranet dan meratakan permukaan area kebun, dapat menjadi solusi untuk mendapatkan keadaan yang cukup nyaman bagi kita dalam melakukan aktivitas perawatan tanaman bersamaan dengan menyediakan keadaan cukup ideal bagi pertumbuhan tanaman. Hal yang pasti terasa dari keberadaan kedua faktor tersebut adalah berkurangnya kekhawatiran terjadi perubahan cuaca ekstrim secara tiba-tiba dan kemudahan dalam mengatasi peredaran hama di sekitar tanaman.

Semoga bermanfaat !

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s