Meratakan Permukaan Area Kebun

Permukaan lahan berupa hamparan tanah, yang (biasanya) ditumbuhi rerumputan, pada akhirnya, memiliki kecenderungan untuk menjadi tidak rata. Salah satu penyebabnya adalah terjadi proses iritasi/ pengikisan tanah secara berkesinambungan pada titik-titik tertentu oleh aliran air pada saat turun hujan.

Ada dua cara untuk meratakan permukaan lahan secara permanen, semen dan conblock (campuran semen dan pasir setebal ± 10 cm dengan berbagai format persegi). Dibutuhkan keahlian dengan tingkat yang berbeda dalam pengaplikasian kedua material tersebut.

Jika anda hendak menggunakan semen tapi tidak berpengalaman dalam penerapannya, lebih baik menyerahkan pengerjaannya pada pihak yang mengerti dan ahli dalam bidang tersebut. Kesalahan pada komposisi adukan antara semen, pasir dan air akan menyebabkan hasil yang tidak memuaskan dan tidak bertahan untuk jangka waktu lama.

Berbeda dengan conblock, yang memang sudah dalam bentuk siap pakai, lebih mudah dalam menerapkannya dan relatif lebih cepat dan murah.

Memasang conblock…

Jika anda hendak menggunakan conblock dan berniat untuk memasangnya sendiri, saya memiliki sedikit pengalaman yang dapat digunakan untuk pengerjaannya.

  • Ratakan permukaan tanah dengan menggemburkan menggunakan garpu tanah atau pacul.
  • Padatkan tanah dengan cara menginjak-injak.
  • Untuk pengerjaan selanjutnya, akan sangat membantu dengan menggunakan “palu karet” untuk memadatkan tanah maupun meratakan posisi antar conblock.
  • Sebarkan pasir yang sudah diayak di atas permukaan tanah agar permukaan relatif lebih rata.
  • Letakkan conblock satu persatu di atas permukaan yang telah dilapisi pasir, buat jeda ruang (nat) ± ½ cm antara masing-masing conblock.
  • Jika terdapat perbedaan tinggi diantara conblok akibat permukaan pasir yang tidak rata, sebarkan pasir baru dan ratakan.
  • Setelah conblock tersusun rapi, sebarkan pasir yang sudah diayak pada permukaan conblock dan lakukan penyapuan menggunakan sapu lidi untuk mengisi jeda ruang antar conblock agar kedudukannya menjadi stabil.

Palu Karet

Saya mengupah tenaga untuk pekerjaan meratakan permukaan area lahan tanah di halaman rumah saya (langkah pertama). Untuk pengerjaan selanjutnya, saya kerjakan sendiri pada saat senggang (± 15 m²). Memakan waktu ± ½ tahun hingga akhirnya selesai.

Rutinitas perawatan permukaan area kebun…

Memasang paranet dan menjadikan kondisi permukaan tempat meletakkan pot relatif rata, akan membawa pengaruh pada suasana yang menyenangkan dan nyaman saat melakukan aktivitas perawatan tanaman. Membersihkan permukaan semen atau conblock dengan menggunakan sikat dan campuran air + cairan disinfektan setiap 3-4 bulan sekali, dapat mencegah perkembangan populasi dan peredaran hama yang sering beredar di permukaan lahan kebun. Secara pribadi, saya cenderung menganjurkan untuk menggunakan conblock daripada semen. Selain faktor kemudahan pemasangan dan harga yang relatif murah, air akan menyerap turun melalui sela-sela antar conblock. Ini menjadikan permukaan lahan menjadi relatif lebih cepat kering setelah melakukan penyiraman atau setelah turun hujan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s