Penyiraman

halaman 3 dari 3

Penyempurnaan teknik penyiraman…

Untuk mempermudah tindakan penyiraman setiap harinya, saya mencoba membuat rancangan (masih dalam rancangan) mengenai instalasi pemasangan pipa paralon dilengkapi dengan nozzle sprayer yang menempel pada batang besi siku berlubang di keempat sisi samping atas rumah teduh.

Tekanan air yang dipancarkan melalui nozzle menggunakan bantuan mesin pompa air. Sumber air yang di suplai ke dalam pompa berasal dari tangki air berkapasitas 250 liter. Daya listrik yang dibutuhkan mesin pompa terhubung pada pengatur waktu guna menentukan kapan dan berapa lama proses penyiraman akan berlangsung. Jadi, penyiraman bisa berjalan secara otomatis setiap harinya tanpa perlu bantuan tenaga manusia.

Hal ini akan mengurangi beban kekhawatiran saat koleksi tanaman di rumah di tinggal pergi dalam waktu lama. Secara teori, rancangan ini mudah untuk dibuat dan bisa diterapkan. Kemungkinan terjadinya kesulitan dalam perawatan adalah penyumbatan pada moncong nozzle yang diakibatkan karena kotoran atau lumut.

Implementasi rancangan ini masih belum saya wujudkan karena terkendala dengan keterbatasan ruang meletakkan tangki dan mesin pompa air.

Semoga bermanfaat ! ☺

7 tanggapan untuk “Penyiraman”

    1. Kondisi terakhir, sebagian besar tanaman sudah dijual. Sulit mempertahankan kondisi fisik anthurium yang relatif besar. Saat ini kondisi yang ada tinggal seadanya saja.

      Anda dapat melihat foto terakhir sepertiga bagian dari tanaman yang pernah saya pelihara di artikel Paranet dan conblock.

      Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Alternatif Cara Memelihara & Merawat Tanaman di Rumah

%d blogger menyukai ini: