Perawatan Tanaman

Suatu bentuk tindakan rutin yang menjadi konsekuensi dari arti memelihara tanaman. Lebih cenderung untuk menciptakan rasa jenuh daripada kejutan-kejutan baru dalam menjalaninya. Melakukan tindakan penyiraman secara rutin setiap hari secara konsisten, bukan hal yang mudah untuk dijalani. Mudah mengerjakannya, namun sulit untuk menjalaninya secara konsisten. Itu adalah salah satu contoh konsekuensi dari bagian perawatan tanaman yang harus dihadapi.

Saya mencoba menyederhanakan tindakan perawatan tanaman tersebut dengan melakukan beberapa percobaan untuk menentukan parameter-parameter yang dapat dijadikan dasar dalam perawatan tanaman. Beberapa alat bantu yang sekiranya dapat digunakan sebagai pendukung dalam mempermudah perawatan tanaman, juga ikut disertakan guna mendapatkan parameter ideal tanpa mengorbankan atau pun berdampak negatif terhadap proses tumbuh-kembang tanaman.

Sebagaimana apa yang saya alami, perlu waktu untuk memahami dan mengerti bahwa ada “benang merah” yang menghubungkan setiap aspek serta tindakan dalam perawatan dengan pertumbuhan tanaman itu sendiri. Walau pun saya berhasil menentukan parameter dasar perawatan tanaman, namun hanya dapat diterapkan bagi saya sendiri. Ini disebabkan faktor kebiasaan dan kesibukan yang berbeda pada diri setiap orang.

Pembahasan di beberapa artikel mengenai perawatan tanaman di situs ini, lebih cenderung sebagai informasi / saran pendukung kebiasaan pelaku tanaman dalam menjalani tindakan perawatan tanaman daripada sebagai hasil akhir atau tindakan pasti yang harus dilakukan untuk merawat tanaman. Dengan kata lain, saya hanya dapat menginformasikan gambaran umum dari batas tindakan merawat tanaman yang mungkin dikerjakan oleh pelaku tanaman pada tingkat awam. Karena, keberhasilan dari suatu proses tumbuh-kembang tanaman, pada akhirnya, hanya dapat ditentukan oleh anda sendiri yang menjalaninya.

Semoga informasi mengenai pembahasan perawatan tanaman di beberapa artikel di situs ini dapat membantu dalam menentukan langkah dan tindakan perawatan tanaman sesuai dengan harapan anda untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang diinginkan.

Salam…

 

4 thoughts on “Perawatan Tanaman

    1. Omar Ramlee Penulis Tulisan

      Hahahahaha…. terima kasih sebelumnya telah mengunjungi “Kebun di Rumah”,

      Anda dapat membaca profile saya pada halaman About Me. Awal cerita dan alasan bagaimana situs ini dibuat, cukup lengkap saya ulas didalamnya. Saya harap, semua itu dapat memenuhi keingintahuan anda lebih jauh.

      Salam…

      Balas
  1. Baharudin

    Artikelnya bagus, dan bisa untuk menjadi informasi bagi kami lebih banyak, bila Anda memiliki masalah atau ingin tau tentang tanaamn secara jelas Anda bisa kungjungi http://tanaman.id/ untuk mencari informasi lebih lengkapnya, dan Anda bisa mendapatkan tanaman gratis buat Anda setiap mencapai jumlah post tertentu, buruan daftar sekarang juga !!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s