Pupuk dan Pestisida Organik

Pupuk dan pestisida adalah dua hal yang tidak dapat dilepaskan dari aktivitas berkebun, terlebih lagi jika menggunakan pot sebagai media / wadah untuk menanam. Pemenuhan nutrisi dan pengendalian hama pada tanaman merupakan rutinitas yang perlu dilakukan untuk menjadikan proses tumbuh-kembang tanaman berlangsung dengan lebih baik.

Banyak produk pupuk dan pestisida yang ditawarkan di pasaran untuk memenuhi kebutuhan kita selama melakukan aktivitas berkebun. Namun, jika kita amati lebih jauh, banyak hal (bahan organik) di sekeliling kita yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat pupuk / pestisida sebagai pengganti produk pupuk / pestisida komersial.

Beberapa bahan organik tersebut, bisa langsung kita gunakan sebagai pupuk (mis. air kelapa) / pestisida (mis. tembakau). Namun, sebenarnya, kita pun bisa membuat sendiri satu / beberapa produk akhir dari pupuk / pestisida dengan beberapa campuran dari bahan-bahan organik yang ada.

Ada keuntungan tersendiri jika kita bisa membuat sendiri produk pupuk / pestisida dari bahan-bahan organik. Satu keuntungan yang sudah pasti kita peroleh adalah kita bisa untuk tidak bergantung sepenuhnya pada produk pupuk / pestisida (baik organik maupun sintesis) komersial di pasaran.

Keuntungan lainnya adalah harga bahan-bahan dasar yang relatif murah dan mudah ditemukan. Secara kualitas, produk pupuk dan pestisida yang dihasilkan pun “relatif” dapat menyamai pupuk dan pestisida produk pabrikan di pasaran.

Memang, kita tidak dapat menyetarakan kualitas antara produk buatan sendiri dengan buatan pabrikan. Namun, hingga saat ini, produk pupuk dan pestisida buatan sendiri itu¸ mampu untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi dan pengendalian hama tanaman di rumah saya.

Berbekal sedikit pengetahuan dengan banyak eksperimen dalam meracik bahan-bahan organik, saya mencoba merangkum dan menyederhanakan pemenuhan kebutuhan pupuk dan pestisida tanaman di rumah secara swadaya menjadi 4 (empat) cara, yaitu :

Walau jauh dari kata “sempurna”, saya mendapatkan produk yang dihasilkan dari ke-empat cara tersebut, bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk dan pestisida bagi tanaman di rumah pada umumnya.

Semoga ke-empat artikel mengenai cara pembuatan pupuk dan pestisida tersebut dapat membantu mempermudah anda dalam memenuhi kebutuhan pupuk dan pestisida yang lebih baik.

Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s