Ramuan Pestisida untuk Mengendalikan Hama Gudang

Bahan :

Cara membuat :

Bunga piretrum atau daun mimba ditumbuk atau gunakan alat penghancur lainnya seperti blender atau grinder, sampai menjadi serbuk / tepung. Untuk keperluan penyemprotan dapat digunakan 2,5-5 gram tepung bunga piretrum atau 5-10 gram tepung daun mimba dalam 1 liter air, ditambah sekitar 1 cc deterjen cair atau sabun colek, diaduk, diendapkan semalam, keesokan harinya disaring.

Aplikasi :

Tepung insektisida nabati di atas (tepung bunga piretrum, daun mimba, abu serai, atau abu sekam) sebanyak 1 gram dicampurkan merata dengan 1 kg benih. Dengan aplikasi ini, tepung insektisida nabati dapat melindungi benih dari serangan hama gudang selama sekitar 6 bulan.

Pencampuran tepung insektisida nabati ini lebih ditujukan pada biji-bijian untuk keperluan benih. Namun, penggunaan tepung pestisida nabati ini dapat juga diterapkan pada biji-bijian untuk keperluan konsumsi karena pada umumnya pestisida nabati relatif aman bagi manusia atau hewan peliharaan.

Untuk ramuan berupa ekstrak cair dari tepung bunga piretrum atau daun mimba, aplikasikan dengan cara disemprotkan pada kemasan atau karung penyimpan benih. Ekstrak cair dari insektisida nabati ini berfungsi mencegah infestasi hama gudang terhadap benih dalam kemasan dan sekaligus membunuh hama gudang yang terdapat pada permukaan karung. Namun, penyemprotan ekstrak insektisida nabati ini tidak mematikan hama gudang yang sudah ada di dalam karung. Penyemprotan ekstrak insektisida nabati dapat dilakukan terhadap biji-bijian untuk konsumsi atau untuk benih.

Referensi Sumber : Pestisida Nabati : Ramuan & Aplikasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Iklan

Alternatif Cara Memelihara & Merawat Tanaman di Rumah

Iklan
%d blogger menyukai ini: